Tutorial Mengatasi Apache Tidak Bisa Running Di XAMPP

9 Januari 2020| Digital Jessie

Tutorial Mengatasi Apache Tidak Bisa Running Di XAMPP

Para pengembang Aplikasi pasti sudah tidak asing lagi dengan XAMPP terutama pengembang Aplikasi berbasis web. Namun, bagi anda yg baru pertama kali mendengar atau tahu Aplikasi ini silakan bisa di simak penjelasan XAMPP disini. Pada tulisan singkat ini, admin akan coba jelaskan solusi salah satu kendala pada XAMPP yaitu Apache yang tidak bisa di start atau tidak running.

Banyak penyebab kenapa XAMPP tidak bisa menjalankan modul apache nya. Salah satunya adalah perangkat (laptop/pc) yang di install XAMPP telah menjalankan port 80 yang mana port tersebut merupakan port default pada apache. Misal, dalam satu kasus laptop milik tenaga operator sekolah (pendidikan), biasanya dalam system telah terinstall beberapa aplikasi pendidikan berbasis web yang running di pada port 80 sehingga terjadi bentrok yang mengakibatkan apache di xampp tidak bisa running karena port tersebut telah digunakan.

Alasan yang admin sebutkan diatas hanya sebatas salah satu contoh saja. Karena masih banyak penyebab lain yang mungkin bisa terjadi.

Sebelum admin lanjutkan, bagi teman yang belum bisa mengintall XAMPP pada OS windows silakan bisa kunjungi linknya disini.

Berikut kami jelaskan bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut :

  1. Anda harus melakukan perubahan pada file httpd.conf 
  2. Caranya Buka file httpd.conf tersebut di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad+ (plus).
  3. Carilah tulisan “Listen 80” dan ubahlah tulisan tersebut menjadi “Listen 8080“.
  4. Selanjutnya, masih pada file yang sama, carilah tulisan “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“.
  5. Lalu Simpan.
  6. Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\ masih dengan Aplikasi notepad+ (plu).
  7. Carilah tulisan “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499“.
  8. Dan masih pada file yang sama, dan carilah tulisan “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah tulisan menjadi “virtualhost_default_:4499
  9. Masih di file yang sama, carilah tulisan “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499“ (Jika tidak ada, maka abaikan saja)
  10. Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel pada PC anda, lalu klik Start pada Apache. Jika masih tidak mau running, silakan restart dulu system komputer anda dan coba kembali  start apache setelah komputer running. Dan Jika muncul peringatan di kotak detail bagian bawah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.

Begitulah, cara atau solusi yang bisa anda lakukan jika anda mengalami apa yang admin tuliskan diatas yaitu tidak bisa running nya (start) apache pada XAMPP. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika berkenan, anda bisa share agar tulisan ini bisa lebih bermanfaat lagi. Oh iya, Jika anda membutuhkan Aplikasi Berbasis web bisa akses disini.  Terima Kasih.

Categories: Tutorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
Hubungi Kami